Begini Tindak Lanjut TNI Manunggal Rakyat : Babinsa Turun Sawah Bantu Petani Tanam Padi

TEMANGGUNG, GARDAMEDIA

Dalam rangka mendukung program pemerintah dalam bidang ketahanan pangan, khususnya swasembada pangan, Babinsa Koramil 13/Kranggan Kodim 0706/ Temanggung melaksanakan pendampingan dalam menanam padi. Kegiatan tersebut dilakukan di wilayah Desa Klepu Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung, Kamis (21/03/2024).

Sertu Joko B U, Babinsa Koramil 13/Kranggan melakukan pendampingan ketahanan pangan menanam padi milik Bapak Mujiman bersama dengan ibu - ibu petani Desa Klepu. Lahan pertanian tadah hujan merupakan penghasil pangan terbesar kedua setelah lahan sawah irigasi. Sesuai namanya, lahan sawah tadah hujan umumnya memiliki keterbatasan ketersediaan air dan mengandalkan air hujan sebagai sumber air. 
"Salah satu wujud nyata di lapangan adalah untuk memberi semangat petani dalam mendukung dan menyukseskan program swasembada pangan, khususnya di wilayah Desa Klepu. Petani akan semangat dan senang jika harga jual hasil pertaniannya sebanding denga harga pupuk dan obat pertanian lainnya, mengingat harga pupuk yang semakin mahal dan tidak jarang mereka kesulitan mendapatkan pasokan pupuk. Salah satu alternatif pengganti pupuk urea adalah dengan menggunakan pupuk organik yang diperoleh dari kotoran ternak yang diolah/ difermentasi,"Ujar Joko

"Jika hasil pertanian melimpah serta harga dari petani juga bagus, hal ini akan meningkatkan kesejahteraan para petani, meningat kebutuhan yang semakin bertambah dan harga kebutuhan pokok yang semakin naik," tambahnya ( Joko) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Space Iklan Tersedia

Formulir Kontak